PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran : 2012 / 2013
Kelas : IV
Smt
|
No
|
Standar
Kopetensi/Kompetensi Dasar
|
Alokasi
waktu
|
Keterangan
|
1
|
1
2
3
4
5
6
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
Memahami hubungan antara
struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara
struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan cara memelihara
kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara
struktur panca indera dengan fungsinya
1.4
Menerapkan cara memelihara
kesehatan panca indera
Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan
dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur
batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
Menggolongkan
hewan, berdasarkan jenis makanannya
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya
Memahami
daur hidup beragam jenis makhluk hidup
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan
di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing,
ayam, ikan
Memahami hubungan sesama makhluk
hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
5.1 Mengidentifikasi beberapa
jenis hubungan khas (simbiosis)
dan hubungan “makan dan
dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)
5.2 Mendeskripsikan hubungan
antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Benda dan Sifatnya
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara
penggunaan benda berdasarkan sifatnya
6.1 Mengidentifikasi wujud
benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan
terjadinya perubahan wujud cair àpadat à cair; cair à gas à cair; padat à gas
6.3
Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan
kegunaannya
Ulangan harian
|
|
|
|
|
J U M L A H
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
............................... )
|
|
....................,
............
Guru Mapel
Sains
(
............................... )
|
Catatan:
Prota memberikan gambaran
perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun.
Jumlah alokasi waktu pada prota diisi
sesuai dengan jam pelajaran efektif
Matematika yang ada di suatu
Sekolah Dasar yaitu jumlah pekan
efektif satu tahun x alokasi waktu
Matematika di struktur kurikulum
SD/MI (minimal 5 jam). Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan
terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu
efektif semester 1 yang ada di
SD/MI 17
dan semester 2 juga 17. Jam efektif matematika satu semester sejumlah 17x5 = 85 jam. Berarti satu tahun sekolah memiliki 170 jam
efektif untuk mapel matematika. Alokasi waktu sejumlah 85 jam per semester tersebut diatur untuk
pembelajaran semua KD yang ada
pada satu semester dan untuk ulangan harian.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking